TIPS AMAN MUDIK MENGGUNAKAN SEPEDA MOTOR

Hello Freund!

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan Tips menegnai TIPS CARA AMAN MUDIK MENGGUNAKAN SEPEDA MOTOR. Mudik menggunakan motor tidak bisa di sepelekan, selain memakan waktu lama dan perjalanan yang cukup panjang, faktor-faktor lain juga akan mempengaruhi keselamatan anda dalam berkendara.

Baiklah, Tips yang pertama ialah Mempersiapkan motor.kita harus memastikan  keadaan motor kita  apakah semua bagian berfungsi dengan baik jangan sampai, ketika mudik kendaran kita bermasalah, tentu itu bukan merupakan hal yang baik terjadi.  Yang pertama kita harus check kondisi aki motor kita, aki merupakan bagian yang fungsinya penting bagi motor kita seperti lampu,klakson, dan speedometer memerlukan aki untuk berfungsi. Yang kedua ialah check tekanan ban, ban juga merupakan bagian yang fungsinya penting, Ban sebaiknya tidak terlalu kempes, karna jika terlalu kempes kita akan sulit mengendalikan motor kita, tapi juga jangan terlalu keras, jika terlalu keras akan menghasilkan tekanan yang tinggi dan ketika kita mudik suhu ban kita pun akan tinggi seiring perjalanan yang jauh, itu bisa menyebabkan ban meledak. Yang ketiga ialah check kondisi oli, oli berfungsi untuk memperlancar kinerja mesin, oleh karna itu jika oli kita belum di ganti, itu bisa mempengaruhi kinerja mesin, hal yang dikhawatirkan ketika dalam perjalan mesin overheat atau terlalu panas. Yang terakhir ialah check kondisi rem, rem merupakan bagian sangat penting bagi motor, oleh karna itu kita harus memperhatikan kondisi rem kita, gawat jika sedang mudik kampas rem habis dan rem menjadi blong, akan menyebabkan kecelakaan. Selain itu juga kita tidak boleh lupa menggunakan spion.
Tips yang kedua ialah Membatasi Barang bawaan. Namanya naik motor tentu kita tidak bisa membawa barang banyak alias terbatas. Jika kamu mudik sendiri pastikan membagi barang kalian menjadi 2 tas. Tas yang pertama berisi pakaian, dll juga pastikan anti air, jadi jika hujan barang kalian tidak basah. Dan tas yang kedua berisi barang berharga seperti Handphone, dompet, dll. Tas yang pertama jika bisa ikat di jok bagian belakang, pastikan ikatannya kuat, dan tas yang kedua bisa kalian pakai sendiri. Jadi jika kalian di perjalanan ingin ke toilet, kalian tidak perlu membawa semua barang, tetapi hanya membawa barang yang berharga saja.
Tips yang ketiga ialah Kelengkapan Berkendara. Yang terpenting ialah HELM, helm merupakan hal penting karena Helm bagian yang melindungi kepala kita, pastikan ada visornya jika tidak gunakanlah goggle. Yang kedua ialah Sarung Tangan, bayangkan jika kalian berkendara ratusan kilo tidak menggunakan sarung tangan, selain tangan kalian kapalan, tangan kalian yang berkeringat bukan akan membuat gas menjadi licin, tentu hal itu berbahaya bagi keselamatan kalian. Yang ketiga ialah MASKER, atau penutup muka, masker digunakan untuk menyaring polusi selama kalian berkendara beratus-ratus kilometer, jika tidak, paru-paru kalian akan dihinggapi banyak polusi. Yang keempat ialah Rompi atau armour, jaket saja tentu tidak cukup karna jarak yang jauh akan menyebabkan banyak angin pula yang masuk ke tubuh anda dan dapat menyebabkan paru-paru basah, maka itu bisa anda gunakan armour. Jika low budget, kalian bisa gunakan kardus atau semacamnya.
Mungkin hanya segitu tips yang saya bisa berikan kepada kalian, kurang lebihnya mohon maaf.


Instagram: @mallekh_

Komentar

Posting Komentar